Laporan FieldTrip (Sejarah)

   Sejarah

Awalnya, bangsa portugis datang ke Malaka, Indonesia untuk berdagang, namun pada tahun 1511 armada portugis dibawa pimpinan Albuquerqe menyerang Malaka. Malaka pernah membuat penyerangan terhadap Portugis pada tahun 1513, namun penyerangan tersebut gagal karena persenjataan bangsa Portugis yang lebih kuat. Pada tahun 1527, armada Demak dapat menguasai Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Bangsa Portugis selalu ingin menguasai kerajaan Aceh, namun mendapat perlawanan keras dari rakyat Aceh. Rakyat Ternate yang dipimpin Sultan Hairun juga menyerang bangsa Portugis di Malaka, namun dapat diperdaya Portugis sehingga tewas di benteng Duurstude. Namun, Sultan Baabullah membalas kegagalan Sultan Hairun sehinggan Potugis bermukim di pulau Timor. Berikut ini bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan perlakuannya terhadap Indonesia :

  • Belanda : memperbudak rakyat Indonesia untuk membangun jalan dar Anyer - Panarukan sepanjang 1000 km. Dalam kasus ini, terdapat ribuan orang Indonesia yang diperbudak mati kelaparan
  • Jepang   : memaksa rakyat Indonesia untuk kerja rodi (bekerja tanpa mendapatkan upah) dan membentuk pasukan tentara dari rakyat Indonesia untuk membantu pasukan tentara Jepang dalam perang di Asia Pasifik.
  • Portugis : mengadu domba pulau-pulau/daerah-daerah di Indonesia agar terpecahbelah sehingga lebih mudah untuk dijatuhkan dan menduduki daerah kekuasaan Indonesia.
  • Inggris : menduduki daerah-daerah kekuasaan Indonesia.
Peralatan-peralatan peninggalan perjuangan bangsa :

  • Meriam
  • Benteng
  • senjata rakyat
  • dan lain-lain













Penulis : Andrew Francois ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Laporan FieldTrip (Sejarah) ini dipublish oleh Andrew Francois pada hari Minggu, 18 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Laporan FieldTrip (Sejarah)
 

0 komentar:

Posting Komentar